sejarah po lorena
Pada tahun 1970, Lorena Transport didirikan oleh Bpk. G.T. Soerbakti dan
mulai menjalankan bisnis jasa transportasi jarak pendek dengan
mengandalkan 2 unit bus Mercedes Benz yang melayani rute antar kota,
yaitu Bogor – Jakarta PP. Kemudian pada tahun 1984, trayek jarak jauh
mulai dibuka yaitu Jakarta – Surabaya PP, dilanjutkan dengan kota-kota
lain di Pulau Jawa, Madura, Bali dan Sumatera. Saat ini LORENA-KARINA
telah memiliki lebih dari 500 unit bus yang keseluruhannya menggunakan
produk Mercedes Benz guna melayani lebih dari 60 Kota di Indonesia.
Lorena Group pada tahun 1989 mengembangkan usahanya dengan mendirikan
PT. Ryanta Mitra Karina yang biasa disebut “KARINA” yang juga bergerak
di bidang jasa angkutan umum bus Antar Kota Antar Propinsi ( AKAP ) yang
melayani trayek Jakarta, Surabaya, Malang, Madura dan Denpasar.
LORENA-KARINA mempunyai komitmen untuk melayani masyarakat pengguna jasa
angkutan umum bus Antar Kota Antar Propinsi ( AKAP ) serta dengan
sungguh-sungguh memberikan pelayanan prima dan motto usaha yang
mengutamakan kepuasan pelanggan yaitu : SABAR, SOPAN dan SENYUM.
Hasil upaya PT. Eka Sari Lorena Transport dalam menumbuh-kembangkan
usaha telah menghasilkan penghargaan dari konsumen dan sertifikat
pengakuan dari berbagai lembaga pemerintah maupun internasional,
diantaranya :
- Penghargaan Managemen Transportasi Darat & Depo Terbaik di DKI dari Departemen Perhubungan R.I
- “Golden Asia Award” For Service Excellence, Hongkong
- “New Millennium Award” International Transportation Award, Brussels – Belgium.
- “Lifetime Achievement Award” dari Ernst & Young Entrepeneur Of The Year 2003 Indonesia kepada Bp. Gusti Terkelin Soerbakti, President LORENA Group
- Penghargaan Pemilihan Kinerja Perusahaan Otobis terbaik Tingkat Nasional dari Departemen Perhubungan R.I.
- Penerima penghargaan Pengemudi Bus AKAP Terbaik di DKI dan Indonesia dari Departemen Perhubungan R.I.
Pada Tahun 2003 PT. Eka Sari Lorena Transport berhasil mendapatkan
sertifikasi ISO 9001:2000, dimana LORENA Transport merupakan perusahaan
transportasi darat pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikasi ISO
9001:2000. Hal ini menunjukkan komitmen LORENA untuk memberikan kualitas
jasa terbaik dan sesuai standar mutu yang dipersyaratkan. Penerapan
sistem yang berbasis ISO 9001:2000 adalah upaya untuk menstandarkan
seluruh proses kerja dan secara langsung akan terkait dengan
standarisasi mutu jasa yang dihasilkan sehingga memunculkan Budaya Mutu
dalam Perusahaan.
Keunggulan dan nilai tambah dari LORENA-KARINA terletak pada kreatifitas
dan inovasi dalam mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi
terhadap keinginan maupun kebutuhan pelanggan. Untuk mendukung kegiatan
pengoperasian bus dan penerapan konsep depo terpadu yang dapat melayani
semua kebutuhan pelanggan dalam satu lokasi, telah dibangun depo bus
LORENA-KARINA di Jl. Raya Tajur No. 106 Bogor, dan di Jl. RA. Kartini
No. 16 Cilandak, Jakarta. Dimana seluruh bus LORENA-KARINA berangkat dan
tiba serta juga sebagai tempat transit bagi penumpang dalam perjalanan
jarak jauh dari Wilayah Sumatera, Jawa, Madura dan Bali ataupun
sebaliknya.
Di depo LORENA-KARINA tersedia fasilitas untuk para penumpang berupa
counter penjualan dan pemesanan tiket, ruang tunggu penumpang, ruang
istirahat, Mushola, kamar mandi, Rumah Makan, jasa pengiriman barang (
ESL EXPRESS ) dan SPBU.
Pada Bulan November 2007, Lorena Transport memenangkan tender Busway
yang diadakan oleh Pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk koridor V dan
VII dengan mengalahkan lebih dari 30 pesaing. Untuk koridor V, Lorena
Transport menggunakan 13 unit bus articulated (gandeng) bermerek Komodo.
Sedangkan untuk koridor VII, Lorena Transport akan mengunakan 34 unit
single bus bermerek Hino. Lorena Transport akan menunjukkan kepada
masyarakat kualitas Mass Rapid Transportation yang berskala Internasional namun tetap mengedepankan efisiensi keuangan negara.
Pada tanggal 1 Juni 2008, Lorena Group telah meluncurkan Program Baru yaitu Program frequent traveler GREEN
CARD LORENA-KARINA. Green Card ini merupakan progam unggulan terbaru
yang memberikan kemudahan kepada anggota Green Card saat melakukan
perjalanan dengan menggunakan jasa LORENA-KARINA. Sebagai pemegang Green
Card, banyak keuntungan yang diperoleh sehingga membuat perjalanan
memiliki nilai tambah.
Kemudahan dan keuntungan dari LORENA-KARINA GREEN CARD antara lain :
Poin Reward yang dapat ditukarkan dengan hadiah menarik, kemudahan untuk
pemesanan tiket LORENA-KARINA pada musim ramai yang telah ditentukan
oleh perusahaan, potongan harga untuk pemakaian jasa Lorena Group
lainnya (Sari Lorena Charter & Rental dan ESL Express Courier &
Cargo), serta potongan harga untuk pembelian Souvenir Lorena Group.
Visi
“ Menjadi Perusahaan Transportasi Darat terbaik di Indonesia dengan sistem yang terintegrasi dan layanan PRIMA “
“ Menjadi Perusahaan Transportasi Darat terbaik di Indonesia dengan sistem yang terintegrasi dan layanan PRIMA “
Misi
“ Memberikan jasa transportasi darat dengan kualitas terbaik“
“ Membangun layanan transportasi darat yang Aman, Nyaman, Tepat waktu dan memuaskan pelanggan “
“ Membangun layanan transportasi darat yang Aman, Nyaman, Tepat waktu dan memuaskan pelanggan “
Moto
“ Sabar, Sopan, Senyum “.
“ Sabar, Sopan, Senyum “.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar