Welcome to my blog

Sabtu, 22 Maret 2014

LOKASI INDUSTRI KAROSERI BODI BIS INDONESIA



Karoseri berasal dari bahasa Belanda Carrosserie adalah rumah-rumah kendaraan yang dibangun di atas rangka/chasis mobil atau chasis khusus bus ataupun truk. Pada awalnya karoseri di Indonesia menggunakan rangka kayu, yang dilapisi dengan plat logam tipis. Industri ini berkembang dengan sangat pesat pada tahun 1970an, dan pada saat itu banyak mobil penumpang ataupun minibus yang dibangun dari pickup, termasuk juga pembuatan bus dari chasis truk. Sekarang hanya bus dan truk yang banyak diproduksi oleh industri karoseri disamping kendaraan khusus seperti ambulans, pemadam kebakaran. Teknologi baru dalam pembangunanan karoseri adalah Monocoque yang mempunyai tingkat keselamatan yang lebih tinggi serta kenyamanan yang lebih baik, dan penggunaan bahan-bahan ringan dan kuat seperti aluminium, kaca serat termasuk serat arang (Carbon fibre) (wikipedia.com). Berikut ini beberapa industri karoseri yang terdapat di Indoensia :


1. Adi Putro, Malang-Jawa Timur



AdiPutro pada saat ini telah meraih apa yang tidak terbayangkan pada tahun 1973. Sedikit yang tahu bahwa bisnis karoseri ini dirintis sejak tahun 1973 oleh kakak beradik yang pada saat itu bekerja di salah satu dealership otomotif. Melihat tingginya permintaan pasar akan alat transportasi penumpang, kakak beradik ini memutuskan untuk merubah mobil pick-up menjadi kendaraan transportasi penumpang dengan bantuan pengerjaan oleh karoseri lain. Strategi ini mendapat respon yang sangat baik karena mereka dapat memenuhi kebutuhan pasar pada saat itu. Kejelian mereka dalam meresponi permintaan pasar tersebut membuat mereka berani memanfaatkan semua sumber daya yang mereka miliki untuk membangun bengkel karoseri kecil sendiri pada tahun 1973. Melalui karoserie kecil ini mereka merintis usaha karoseri dengan memproduksi mini bus dalam skala kecil. Kegigihan mereka yang didukung permintaan pasar membuat usaha karoseri mereka berkembang dalam waktu 2 tahun saja.

Akhirnya pada tahun 1975, AdiPutro resmi berdiri di Malang, di mana sampai sekarang masih menjadi pusat operasional AdiPutro. Atas kesadaran untuk terus mempertahankan kualitas yang baik dalam setiap produksinya, maka AdiPutro mulai mempertajam skill yang ada, serta menambah alat bantu permesinan. Pada tahun 1982, AdiPutro memutuskan untuk berinvestasi dalam permesinan yang kemudian dikenal dengan kualitas FULL PRESSED BODY. Penyempurnaan kualitas produk-produk AdiPutro terus ditingkatkan sehingga pada tahun 1986 AdiPutro mulai menggunakan pengecatan sistem OVEN. Upaya mengembangakan pemasaran menjadi lebih besar, di tahun 1989 Adiputro mendirikan divisi pemasaran di Jakarta dan kemudian sebuah pabrik perakitan untuk produk Adiputro di Bekasi.

Pengembangan terus dilakukan sehingga pada tahun 1994 AdiPutro menjalin kerja sama dengan salah satu produsen bus terbesar dan terkemuka di Jerman. Hal ini membuka pintu bagi AdiPutro untuk menggapai pasar Asia Tenggara. Melalui kerja sama ini para tenaga ahli AdiPutro dikirim untuk belajar ke Jerman untuk mencapai standar perakitan yang bertaraf internasional. Sejak saat itu, AdiPutro pun berkembang menjadi perusahaan karoseri terpercaya dan menerima pengakuan untuk kualitas bus produk yang mereka produksi, serta memperoleh kepercayaan dari para pengusaha-pengusaha besar transportasi otomotif di Indonesia.

web: http://adiputrogroup.com/ 


2. Laksana, Ungaran-Jawa Tengah


Didirikan pada tahun 1967 Laksana dimulai tendangan pertama sebagai toko mesin di Semarang. Toko awalnya difokuskan pada mesin otomotif. Dalam tiga tahun pertama toko tumbuh sangat bahwa pada tahun 1970 itu harus pindah ke lokasi yang baru diperluas.Beberapa divisi yang didirikan dalam beberapa tahun berikutnya dan pada tahun 1977 Laksana diperluas untuk divisi auto-manufaktur dengan produk utama pertama: Mitsubishi T-120 minivan.Pesatnya pertumbuhan divisi auto-manufaktur membutuhkan lokasi yang lebih jauh lebih besar. Dalam satu tahun yang pada tahun 1978, divisi ini dipindahkan ke Ungaran (pabrik produksi kami saat ini). Dalam baru dibangun tanaman ini 5.000 m2, bus serta kendaraan komersial dan swasta berkumpul. Tanaman ini kemudian lebih lanjut menambahkan beberapa kali dalam tahun-tahun berikutnya. Hadir hari itu sekitar 70.000 m2, dan masih terus berkembang. Ekspansi ini pernah berkembang memungkinkan pengembangan beberapa divisi yang mendukung produksi utama, serta peningkatan kapasitas produksi kami untuk 1000 bus per tahun yang membuat Laksana pembangun bus terbesar di Indonesia sampai saat ini.Kebutuhan Anda Comes First.Sebuah kata untuk menggambarkan fokus utama kami untuk memberikan pelanggan pengalaman kami yang terhormat, dari awal sampai akhir, seperti yang kita telah sejak toko pertama kami terbuka. Kami bekerja sangat keras memperhatikan detail sekecil apapun dalam rangka membantu meningkatkan 'keselamatan serta pelanggan penumpang dan kepuasan penumpang.Pemilihan macam Produk untuk PenawaranKompetensi inti kami adalah bus Menengah dan Besar. Kami memiliki jangkauan terbesar dari produk yang meliputi bus Touring, bus antarkota, bus kota, dan bus Tujuan Khusus. Laksana menempatkan penekanan yang sangat besar pada penyediaan produk berkualitas tertinggi mungkin terhadap pelanggan, yang saat ini berkisar dari operator lokal bus kota, operator bus antarkota lokal, operator bus wisatawan lokal, dan badan-badan pemerintah untuk International Corporate (Chevron Pacific Indonesia, Schlumberger, Saipem Indonesia, YKK Zipper, Theiss Indonesia). Kami juga sudah mulai mengekspor bus kami ke wilayah Asia Pasifik sejak 2009.


web: http://www.laksanabus.com/


3. Rahayu Santosa, Cibinong-Jawa Barat




Rahayu Santosa, perusahaan yang bergerak di bidang karoseri, menitikberatkan pada penyediaan peralatan operasional yang terbaik bagi para pelanggan kami. Berdiri sejak 1961 di Bogor, Indonesia , kami mendedikasikan sumber daya dan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan kami, yang telah memberikan kepercayaan pada Rahayu Santosa.


web: http://www.rahayusantosa.com/home-id.php


5. New Armada, Magelang-Jawa Tengah






PT. Mekar Armada Jaya didirikan pada tahun 1974 oleh Bp. David Herman Jaya, dengan dimulai dari sebuah bengkel rumahan di Jl.Prawiro Kusuman no.3 Magelang. New Armada yang bergerak dibidang karoseri, pada tahun 1976 menempati areal seluas 9000 m2 di Jl. Raya Mertoyudan Magelang dengan karyawan 200 orang. Pada tahun 1977, Areal tanah diperluas menjadi 2 Ha dengan kapasitas produksi 200 unit/bulan Merk New Armada pun menjadi semakin terkenal hingga keluar pulau jawa. Pada tahun 1980, PT. Mekar Armada Jaya mulai membuktikan diri sebagai perusahaan karoseri dengan sistem "Press Body" yang terkemuka di Indonesia. Pada tahun 1982, PT. Mekar Armada Jaya dipercaya pemerintah untuk menyelesaikan Mobil-mobil pemilu yang digunakan diseluruh Indonesia, sehingga dapat mengembangkan diri menjadi 400-500 Unit/bulan Meliputi Minibus dan Smallbus. jumlah karyawan yang ditingkatkan menjadi 1000 orang dan fasilitas-fasilitas penunjang ditambahkan dengan mesin canggih seperti cat oven (Spray booth), mesin press, spot welding, dan lain-lain. Tahun 1986, PT. Mekar Armada Jaya mendapatkan kepercayaan lagi untuk memproduksi mobil puskesmas untuk seluruh Indonesia sebanyak 1000 Unit. Dan dengan menggandeng ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek). New Armada berhasil menaikkan kapasitasnya secara berlahan tapi pasti sampai mencapai puncaknya dengan kapasitas 1000 Unit/bulan ditahun 1996 dengan are tanah seluas 20 ha dan dengan karyawan berjumlah kurang lebih 3500 orang. Sedangkan produksi yang dihasilkan selain mini bus dan small bus juga dikembangkan ke bus besar, bus medium, box, dump truk, loadbag, car carrier dan lain-lain. Dari berbagai merk seperti: Mitsubishi, Hino, Toyota, Suzuki, Daihatsu, Nisan dan berbagai jenis merek lain. Pada tahun 1992, pasar export diajamah sampai Brunai Darusalam, Cyprus, Sri Lanka dan Arab Saudi. Pada tahun 1994, PT. Mekar New Armada Jaya mendapatkan kepercayaan dari PT.Kerama Yudha tiga berlian motor (KTB) sebagai ATPM Mitsubishi di Indonesia untuk merakit kendaraan Colt T 120 SS yang sampai sekarang dikenal dengan nama MOC (Mitsubishi Original Component). Dan memperoleh pengakuan dari PT. KTB pada tahun 1995. Pada tahun 1996, Divisi Teknik dirubah menjadi Divisi Stamping & workshop Plant yang didukung teknologi yang lebih maju dengan fasilitas CAD, CAM & CNC Milling yang diinstal pada awal tahun 1997. Pada tahun 2002, Divisi ini berubah menjadi divisi stamping & tool karena fungsinya dalam pembuatan "dies". Dalam perkembangan ini PT. Mekar Armada Jaya mendapatkan order pembuatan dies dari berbagai perusahaan bersekala internasional seperti:

PT. Astra Daihatsu Motor (ADM)
PT. Indomobil Suzuki International (ISI)
PT. Mitsubishi Krama Yudha Manufacturing (MKM)
PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMI)
PT. Gema Kempa Daya (GKD)
PT. Isuzu Inti Panca Press Indonesia (IIPPI)

Selain di bidang otomotif New Armada juga mengembangkan usaha bidang lain seperti perbankan, properti dan lain-lain. Semua unit usaha ini disatukan, dimonitor dan dikonsolidasikan oleh sebuah perusahaan holding Manajemen PT. Mekar Armada Investama.
web: http://www.newarmada.co.id/maj/maj/home

6. Trisakti, Magelang-Jawa Tengah




Karoseri Tri Sakti, berlokasi di Magelang adalah sebuah perusahaan manufacturing yang memproduksi bus besar, bus medium, bus gandeng / articulated bus dan bus tingkat.


 web: http://www.yellowpages.co.id/directory/cv-trisakti


7. Morodadi Prima, Malang-Jawa Timur





P.T. Morodadi Prima bermula dari sebuah kemitraan usaha yang dipimpin oleh Lie Bapak Bambang Gunawan, seorang pengusaha yang lulusan dari Akademi Fine Arts. Pada tahun 1964, perusahaan ini dibangun di lokasi pertama yang terletak di Jl. Peltu Sujono, Malangdengan area yang relatif kecil dilengkapi dengan fasilitas sederhana, yang memproduksi busmodel lama, Minibus T 100 dan klasik L300.

Fasilitas minimal dan sistem operasional yang sederhana tidak menahan kemajuan perusahaan. Pada tahun 1978, perusahaan kecil ini resmi menjadi menjadi sebuah perusahaan yang independen dan diberi nama Karoseri Morodadi. Namanya "Morodadi" berarti"Kepercayaan" antara pelanggan dan perusahaan. Jika Anda datang (Moro) dan mempercayai perusahaan untuk membangun kendaraan Anda, Anda akan mendapatkan produk yang berkualitas tinggi (Dadi). Logo singa yang kami gunakan diambil dari simbol yang melambangkan Kerajaan Singosari yang melambangkan semangat tinggi dan etika kerja yang baik.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia memungkinkan bagi Karoseri Morodadi berubah menjadisebuah perusahaan terbatas (PT). Pada Desember 1993, perusahaan ini resmi berubahmenjadi PT yang bernama Morodadi Prima. Rentang produk yang terus berevolusi dengan memproduksi berbagai kendaraan seperti ambulans dan mobil siaran. Spesifikasi desain dan teknologi juga berkembang, sebagaimana dapat dilihat dari produksi bus "Banteng" dan "Patriot", yang mewakili merek dagang yang kuat dan kokoh dari Morodadi Prima.

Selama lebih dari tiga dekade pertumbuhan, banyak kepercayaan telah diperoleh darimasyarakat serta pemerintah Indonesia. P.T. Morodadi Prima terus bekerja untuk menghasilkan kendaraan yang kuat, aman, dan nyaman.


web: http://www.morodadiprima.com/?lang=id

8. Tentrem, Malang-Jawa Timur





Karoseri Tentrem merupakan salah satu perusahaan karoseri di Indonesia yang cukup diperhitungkan. Kami selalu inovatif dengan desain-desain yang tidak pasaran sehingga tidak membosankan dan menjadi ciri khas tersendiri bagi kami, juga bagi jajaran armada yang berada dalam perusahaan Anda. 

Dahulu kami hanya menyuplai kebutuhan untuk armada kami sendiri, Po. Tentrem. Namun seiring dengan semakin banyaknya pengusaha transportasi yang tahu mutu pengerjaan Karoseri Tentrem maka kami memberanikan diri untuk melesat jauh, dengan membuka karoseri umum.


Tentrem merupakan 1 dari 8 karoseri di Indonesia yang telah memperoleh sertifikat rancang bangun bus dari Mercedes-Benz, sehingga mutu kami semakin tidak dapat diragukan lagi. Kami juga merupakan karoseri pertama di Indonesia yang membangun bodi untuk Scania K380 dengan klien pertama 2 unit dari Po. Harapan Jaya dan 2 unit dari Po. Shantika. Tentem menerima pembuatan bodi baru baik untuk bus besar, medium bus, micro bus, hingga minibus dengan mutu dan harga yang bersaing.


web: http://www.tentrembus.com/index.php/karoseri


9. Trijaya Union, Tangerang-Banten





Karoseri Trijaya Union merupakan salah satu karoseri tertua di Indonesia dan sangat berpengalaman di bidang industri karoseri sejak tahun 1982. Beralamat di jl.raya gatot subroto km.9 tangerang 15810 phone: 021 59302312 fax; 021 59302402 email: trijaya_union@cbn.net.id 


web: http://www.trijayaunion.com/

blog bose : http://baloghelmi.blogspot.com


10. Restu Ibu Pusaka, Bogor-Jawa Barat





Restu Ibu Pusaka secara resmi memperkenalkan website baru mereka, tepatnya pada Oktober 2012. Go Public, Kemudahan, dan Kepuasaan merupakan tiga hal yang diusung oleh salah satu perusahaan karoseri terbesar yang ada di Indonesia. Mengusung untuk Go Public, website memberikan informasi mengenai kualitas juga mutu yang diterapkan oleh Restu Ibu Pusaka mulai dari pemilihan bahan sampai tahap finishing dengan tenaga ahli yang kompeten. Hal itulah yang membuat Restu Ibu Pusaka mendapatkan sertifikat ISO 9001 untuk Quality Management dari TUV Rheinland Corprate. 

Kemudahan yang didapat costumer adalah informasi mengenai produk unggulan yang ditawarkan Restu Ibu Pusaka. Website ini tidak hanya dapat diakses melalui PC dirumah atapun kantor, namun dapat diakses dimanapun dan kapanpun melalui PC Tablet, IPad, Black Berri, handphone berbasis Android, dan lainnya. Costumer bisa juga berkomunikasi langsung dengan pihak Restu Ibu melalui layanan chat yang diberikan saat mengunjungi website ini sebelum bertatap langsung. Kepuasaan pelanggan yang selalu ingin dicapai oleh perusahaaan karoseri ini yaitu Restu Ibu Pusaka.

 web: http://www.restuibu.com/content/launching-website-restu-ibu-pusaka 


11. Tugas Anda, Pasuruan-Jawa Timur






Tugas Anda merupakan industri transportasi dalam bidang pembuatan mini bus maupun small bus yang sesuai kebutuhan spesifikasi pemesan. Bermula pada tahun 1974 di Surabaya, berdiri sebuah usaha yang bergerak di bidang jasa bengkel kendaraan bermotor dengan nama "Selamat Djaja Motor", kemudian di tahun 1982 berkembang menjadi unit usaha autobody manufacturing sekaligus berganti nama menjadi PT KARYA TUGAS ANDA atau lebih dikenal dengan nama TUGASANDA. 

web: http://www.tugasanda.com/index/

12. Delima Jaya, Bogor-Jawa Barat



  1. Memiliki pengalam kerja 40 tahun dalam bidang industri karoseri, 20 tahun dalam industry komponen alat berat, 2 tahun dalam industry perakitan kendaraan niaga dan penumpang.
  2. Lokasi strategis di Bogor dengan luas bangunan 5.5 hektare diatas areal tanah 7.5 hektare, 1 jam dari pusat pemerintahan di Jakarta (Kementrian), akses dekat tol, sehingga mudah untuk inspeksi, factory visit, urusan administrasi, transportasi pengiriman peralatan khusus, dan juga perbaikan complaint customer.
  3. Telah disertifikasi oleh ISO 14001:2004, ISO OHSAS 18001:2007 -Sistem Manajemen K3 dan ISO 9001:2008  dari SGS (Switzerland), yaitu Quality Management System menjamin penanganan keluhan customer, Quality products and service, Administrasi yang rapih, dan Standard Process.  
  4. Metode produksi yaitu design before process, sehingga proses terencana dan sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. Penggunaan material berkualitas (plat Galvanil) dan elektrikal sistem sesuai dengan wiring diagram.
  5.  Perizinan ke perhubungan yang lengkap dan telah berpengalaman dalam mengurus perizinan kendaraan seperti SRUT, Rancang Bangun, Uji Tipe, Surat Rubah Bentuk, dsb.
  6. Harga kompetitif sangat bersaing, memiliki standard pricing (sesuai pricelist) dan waktu pengerjaan yang cepat dan on-time.
  7. Berpengalaman dengan sistem kerja untuk proyek pemerintah dalam waktu pengerjaan dan deadline yang telah ditentukan.
  8. Memberikan garansi 6 bulan – 1 tahun untuk pekerjaan karoseri, dan tim marketing yang siap menangani segala keluhan customer (after sales service). 
  9. Design yang up-to-date dan Quality Control dipantau langsung dan dikembangkan oleh tim marketing Bahtera (selaku agen tunggal penjualan produk Delimajaya).
  10. Fasilitas testing seperti Water Leak Test, Road Test, Paint Thickness meter, Gloss meter, Rust Proofing untuk di PDI sebelum delivery ke customer.
web: http://www.delimajayacarrosserie.com/

13. Gunung Mas, Madiun-Jawa Timur


Karoseri Gunung Mas didirikan oleh Ir. Hari Prajitno, MBA pada tahun 2000 untuk perbaikan armada kami sendiri yaitu PO. Gunung Mas. Tingkat ketelitian dan kerapian pekerjaan kami membuahkan hasil, yaitu permintaan pengerjaan perbaikan bis dari PO lain. Ini adalah cikal bakal Karoseri Gunung Mas berdiri.
 
Dengan berjalan nya waktu kami memiliki sumber tenaga kerja yang handal dan terlatih, untuk memperbaiki dan merubah bentuk tampak depan / belakang kendaraan dengan tingkat kerapian yang memuaskan.

Karoseri Gunung Mas saat ini telah memiliki cukup banyak pelanggan PO besar seperti AKAS, AM SHANTIKA, ASYACO, DALIMAS, EKASARI, HARAPAN KITA, KALISARI, MANDALA, RAJAWALI, RESTU, SEMI, dan masih banyak lagi.

Kami adalah pembuat kendaraan bis dan khusus serta rekayasa komponen dan bagian pembentukan model / bentuk kendaraan bis. Layanan kami sangat bervariasi untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan disesuaikan dengan memastikan hasil yang memuaskan para pelanggan.

Karoseri Gunung Mas sudah mengerjakan berbagai kendaraan dengan hasil yang memuaskan dan dengan layanan terbaik kepada pelanggan. Kami memiliki sumber daya yang sangat handal di dalam merancang dan membentuk dengan kualitas produk yang terbaik.
 



web: https://www.facebook.com/karoserigunungmas


14. Cipta Karya, Medan-Sumatera Utara




Cipta Karya merupakan karoseri yang bermarkas di  Jalan Sisimangaraja, Medan. Produk dari karoseri Cipta karya banyak dipakai oleh perusahaan otobis dari Medan dan Pulau Sumatera. Kebanyakan produk dari Cipta Karya menyerupai produk dari Rahayu Sentosa seperti bodi jenis evolution series dengan sedikit perubahan.
 


web: -


15. Anugrah, Magelang-Jawa Tengah




Karoseri Anugrah berdiri sejak tahun 1991, dirintis oleh Bapak Suyanto. Karoseri Anugrah sampai saat ini telah banyak memproduksi body bus ataupun repair body bus. Kami juga telah membuka cabang di Palembang, tepatnya Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan.
Untuk meningkatkan kepuasan pada pelanggan, kami juga sudah menggunakan alat yang canggih, seperti mesin press, cat oven, dan mesin las yang berkualitas.
Kami telah banyak memproduksi karoseri, dan kami juga bekerjasama dengan Perusahaan Otobis (PO) di Jawa, Sumatera, Bali, dan Kalimantan, sehingga mutu dan kualitas kami tidak dapat diragukan lagi.




16. Piala Mas, Malang-Jawa Timur





Kebanyakan dari produk Karoseri Piala Mas dimiliki oleh perusahaan otobus di luar Jawa. karoseri ini banyak memproduksi bis 3/4 untuk angkutan kota. DAMRI merupakan salah satu konsumen setia dari Piala Mas dengan berbagai model seperti model Jet Bus. Karoseri Piala Mas beralamat di Jl .Raya Randuagung 202 Singosari Malang Jawa Timur.

web: http://www.yellowpages.co.id/directory/piala-mas-karoseri



17. Mayasari Utama, Cibubur-Jawa Barat



Mayasari Utama merupak karoseri di bawah managemen Mayasari Bhakti. PT.Mayasari Utama, Jl. Lapangan Tembak Cibubur Jakarta Timur.Mayasari Utama memproduksi bodi bis dengan disain sendiri seperti disain yang terkenal yaitu MegaTOP dan Prima yang banyak dipakai bis kota Mayasari Bhakti, Primajasa, Karunia Bhakti, dan Doa Ibu. Mayasari Utama juga bnyak memproduksi bis TransJakarta dengan kode PP (PT. Primajasa).


web: http://www.mayasariutama.com 


18. AFTA Karoseri, Cianjur-Jawa Barat




 

Karoseri AFTA melayani karoseri mobil sesuai kebutuhan dengan Sertifikasi ISO Manajemen Mutu. Produk dari Afta karoseri mulai dari Minibus, Microbus, Medium Bus sampai dengan mobil besar seperti Mobil Pertambangan dan mobil khusus sesuai dengan permintaan. 

web: http://karoseriafta.indonetwork.co.id/


19. Korindo, Balaraja-Banten

Karoseri Korindo adalah karoseri rujukan dari produk2 bus serta truk Merek Hyundai di Indonesia.Pabriknya terletak di daerah Balaraja Cikupa Kabupaten Tanggerang Banten. Karoseri Korindo telah mendapat lisensi langsung dari Hyundai Korea. Kebanyakan dari produk Korindo adalah bis TransJakarta yang bermesin Hyundai yaitu koridor IV Dukuh Atas-P.Gadung.
 

web:  www.korindo.co.id 

20. MBM (Magelang Bus Manufacture), Magelang-Jawa  Tengah




MBM merupakan pembaruan dari karoseri ABC Magelang yang melegenda. MBM banyak meproduksi minibus, minibus ELF, bis 3/4, dan big bus. MBM beralamat Jl. Syailendra Raya-Borobudur, Magelang, Propinsi Jawa Tengah.


Web: -


  21. Tugas Kita, Semarang-Jawa Tengah




Karoseri ini terletak di Jalan Raya Mangkang,Semarang.Produksinya kebanyakan Bus 3/4 dan Elf.Dulu kalau tidak salah pernah memproduksi bus besar namun sekarang sudah tidak lagi. 


web: http://semarang.yellowpages.co.id/directory/tugas-kita-karoseri


22. Srikandi, Ciganjur-DKI Jakarta



SRIKANDI

Srikandi karoseri merupakan karoseri bodi bis milik PO. Bianglala. Produknya masih banyak berlalu-lalang di kemacetan Ibu Kota dengan trayek Senen - Ciledug dan Senen - Ciputat. Produk yang terbaru adalah bodi untuk Bianglala APTB dengan bodi Jet Bus bersasis Mercedes-Benz OH 1526 trayek Kota - Ciputat.


web: - 


  23. Equator, Cileungsi-Jawa Barat



EQUATOR

Equator merupakan karoseri dan bodi repair yang sangat terkemuka di sekitaran Jabodetabek. Banyak bis-bis kota, bis AKAP, dan bis pariwisata sekelas Blue Star yang mendadani bodi bisnya di karoseri ini. 


web: -


  24. Kuda Mas, Ciputat-Banten



Nama Kuda Mas sengaja dipilih karena gampang diingat dan mewakili filosofi kuda sebagai kendaraan yang tangguh, mampu berlari cepat. Kepandaian Sarno menjaga kualitas dan kepercayaan pelanggan, membuat usaha karoserinya tak pernah sepi dari order. Apa kiatnya? "Saya tak pernah menurunkan kualitas material hanya demi mengejar keuntungan lebih besar. Misalnya, untuk bodi yang seharunya pakai plat galvanil lalu kita ganti dengan plat hitam (plat dari besi bekas). Saya tak berani," ungkap Sarno.Untuk memasarkan jasa karoserinya, Sarno ternyata hanya menggunakan pola pemasaran dari mulut ke mulut. Diakuinya, persaingan antarusaha karoseri saat ini makin menggila. Apalagi, tak sedikit usaha karoseri, termasuk yang besar-besar dan lebih punya nama, yang membanting harga dengan mensiasati material.


web: https://www.facebook.com/suyadi.kudamaskaroseri


 25. Suryana, Solo-Jawa Tengah






Karoseri Suryana adalah karoseri in-house milik PO Muncul yang berlokasi di Grogol, Sukoharjo. Karoseri Suryana merupakan karoseri untuk memperbaiki bodi bis yang telah usang. Kebanyakan dari produk Suryana dipakai oleh PO. Muncul seperti bodi Travego dan Legacy.


web: - 


26. Central Karoseri, Bogor-Jawa Barat




PT Central Auto Comperindo adalah perusahaan yang bergerak dalam usaha industri karoseri yang terletak dalam kawasan industri Intalan Wanaherang Gunung Putri dengan tenaga kerja yang sudah berpengalaman dalam bidang karoseri dan peralatan yang menunjang kegiatan transportasi. Central karosesi membuat berbagai macam bodi dengan berbagai sasis dari sasis mobil kecil untuk angkot, sasis truck 3/4 untuk bis sedang atau kendaraan operasional instasi pemerintah, sasis bis besar, dan perbaikan bodi bis.


web: http://www.central-karoseri.com/ 



27. Paramitra, Tangerang-Banten



Ruang lingkup pekerjaan yang ada PT. Karyatugas Paramitra meliputi proses komponen, body welding/trap, cat oven dan finishing. Keahlian/skill yang dimiliki oleh karyawan diatas 95%, sehingga mampu menghasilkan produk yang bersaing dipasaran dengan hasil konstruksi yang memuaskan. Karoseri Paramitra kebanyakan memproduksi bodi mobil bis sedang seperti ELF, mobil instansi, dan angkot.



28. Dafi Putra, Probolinggo-Jawa Timur


DAFI PUTRA


Kreasi karoseri Dafi Putra pada armada Akas Asri telah dilakukan sejak tahun 2002 oleh Bapak Saefur Rahman. Awalnya yang dilakukan adalah body repair saja,tetapi akhir-akhir ini sudah melangkah jauh hingga membuat body yang benar-benar baru dari nol alias dari chasis saja.Berbagai macam bentuk body yang telah dihasilkan sekarang sudah berkualitas dan hampir setara kualitas dan kerapiannya dengan karoseri ternama di tanah air. Hal itu tidak terlepas dari kerja keras dan kreativitas yang terus dilakukan oleh Bapak Saefur Rahman untuk selalu berinovasi sehingga produknya semakin diminati baik oleh Akas Asri sendiri maupun PO lain. Selamat sukses dan semoga semakin kreatif dalam berinovasi.


web: http://dafi-putra.blogspot.com/

29. Indo Tiga Buana Karoseri, Bogor-Jawa Barat





Indo Tiga Buana (ITB) adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, khususnya karoseri Bus. Untuk saat ini produk dari Tiga karoseri masih sangat terbatas. Hasil produknya tersebut berupa bis besar untuk pariwisata Tiga dengan model yang futuristik dan beda dengan bodi bis di Indonesia. Selain itu Tiga karoseri juga membuat berbagai bis rumah / karafan.



web: http://www.indotigabuana.com/ 


30. ASP, Bogor


ASP

Produk dari karoseri ASP berbodi mirip dengan Royal Travego serries. PO yang menggunakan karoseri ASP ini antara lain Murni (Kalideres-Labuan), Garuda Mas (non-AC), Famili Raya JB, dsb.


31. NUSANTARA GEMILANG


sumber: www.karoseri-id.com


Karoseri ini berada di Kudus dan satu lokasi dengan pool PO. Nusantara Karanganyar, Demak. Karoseri Nusantara Gemilang (NusGem) adalah hasil kerjasama antara PO. Nusantara dengan pihak Malaysia. Teknisi, labor dan para pekerja adalah orang lokal yang sudah mendapatkan sertifikasi setelah menempuh kursus singkat di Malaysia. Kami pun mendatangkan alat-alat produksi untuk membuat bus secara lengkap dan utuh, selayaknya karoseri pada umumnya. Bus ini adalah desain prototype atau bus pertama yang body-nya sudah selesai dirakit oleh karoseri kami. Bus ini kami rakit mulai dari nol, dari pemasangan rangka yang berdiri pada chassis, kemudian disusul oleh pemasangan plat body, interior hingga finishing eksterior (bukan re-body/perbaikan dari body bus lama). “Kesemuanya kami tangani sendiri di workshop kami”, ujar Syukur, salah satu staf karoseri yang kebetulan turut serta dalam acara roadtest kemarin. Bertepatan dengan penghujung bulan April kemarin, tepatnya hari senin (30/04), Nusantara kembali memberikan kejutan. Ya, adalah bus yang diberi nama “SkyBus” yang merupakan hasil garapan karoseri sendiri, PT. Nusantara Gemilang. Sedangkan pada IIMS 2013 tahun ini Nusantara Gemilang berkolaborasi dengan MAN membuat bodi citybus. Pada penghujung tahun 2013, Nusantara Gemilang merilis bis doble decker dan doble gardan pertama di Indonesia dengan menggunakan sasis MAN R37. MANtap..!

website: http://www.nusantarablog.com/skybus/


32. SATYA PRIMA


Karoseri dan bengkel bodi makeover bis yang beralamat di Jalan Bypass Mojokerto, Jawa Timur. Kebanyakan hasil dari karoseri ini digunakan oleh perusahaan otobus di Jawa Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar